PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN


Profil Lulusan Program Studi Matematika

Adapun Profil Lulusan PSM yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut.

  1. Tenaga ahli yang berkualitas dan trampil dalam Bidang Minat matematika untuk memenuhi kebutuhan berbagai lapangan kerja pada instansi, lembaga serta Bidang Minat yang terkait, khususnya penelitian dan pengembangan.
  2. Memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang matematika dan Bidang Minat ilmu lainnya yang relevan, dengan pemahaman yang relatif mendalam dalam sub-Bidang Minat matematika tertentu.
  3. Memiliki ketrampilan dasar matematika yang memadai, baik dengan maupun tanpa bantuan teknologi pendukung, yang dapat berupa komputer dan piranti lunak.
  4. Memiliki kemampuan bernalar, memecahkan masalah, membuat kaitan, dan berkomunikasi.
  5. Memiliki pengalaman dalam melaksanakan suatu tugas atau Membangun, termasuk mempelajari atau mengembangkan sesuatu yang relatif baru, baik secara mandiri maupun berkelompok, serta membuat laporan dan mempresentasikannya dengan menarik.
  6. Memiliki perilaku belajar, etos kerja, sikap dan kepribadian yang baik, yang mencakup keingintahuan, keuletan, kecermatan, kreativitas, kejujuran dan kepercayaan diri.
  7. Memiliki kesiapan untuk mengembangkan diri lebih lanjut dan atau kemampuan beradaptasi, baik dalam Bidang Minat matematika maupun Bidang Minat lainnya yang relevan, termasuk Bidang Minat yang digeluti dalam dunia kerjanya kelak.

Dengan profil seperti ini, diharapkan lulusan Program Studi S1 Matematika USK akan mampu bekerja dan berperan sebagai :

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran kurikulum Program Studi S1 Matematika berbasis KKNI level 6 berdasarkan rekomendasi Himpunan Matematika Indonesia (IndoMS) 2014 meliputi Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Penguasaan Pengetahuan. Keempat capaian pembelajaran tersebut diuraikan sebagai berikut.

Parameter Capaian PembelajaranCapaian Pembelajaran
Sikap dan Tata
Nilai (S)
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, beretika, berintegritas dan memiliki kepribadian baik.
2. Berperan aktif sebagai warga negara yang bertanggung jawab, berjiwa nasionalis dan Pancasilais, menjunjung penegakan hukum, dan mampu berinteraksi dalam hubungan global.
3. Memiliki kepekaan sosial dan lingkungan, serta lebih mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau kelompok.
4. Mampu bekerja sama dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan perbedaan pandangan.
5. Memiliki tanggung jawab untuk penyelesaian penugasan yang diberikan.
6. Menginternalisasi jiwa kemandirian dan kewirausahaan.
7. Menginternalisasi jiwa pembelajaran sepanjang hayat dengan menerapkan nilai, norma, dan etika akademik.
Keterampilan
Umum (KU)
1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan, mengkaji dan
mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara humanis.
2. Mampu bekerja secara mandiri, bermutu, dan terukur.
3. Mampu melakukan kajian ilmiah dan implikasinya, serta mendiseminasikannya secara lisan dan
tulisan.
4. Mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat untuk memecahkan masalah berdasarkan
informasi dan data yang tersedia.
5. Mampu menjalin dan memelihara jaringan kerja sama.
6. Mampu menyupervisi dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan anggota tim yang berada di bawah
tanggungjawabnya.
7. Mampu mengolah, mengevaluasi, menginterpretasi data dan informasi melalui penerapan
teknologi informasi dan komunikasi.
8. Mampu mengelola dokumen dan mencegah plagiasi.
9. Mampu mengaitkan dan memanfaatkan bidang keilmuan lain dengan bidang ilmu yang dipelajari.
Keterampilan
Khusus (KK)
1. Mampu mengembangkan pemikiran matematis yang diawali dari pemahaman prosedural
/komputasi hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi,
abstraksi, dan bukti formal.
2. Mampu mengamati, mengenali, merumuskan, dan memecahkan masalah melalui pendekatan
matematis dengan atau tanpa bantuan piranti lunak.
3. Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganalisa/berpikir secara terstruktur terhadap
permasalahan matematis dari suatu sistem/masalah, mengkaji keakuratan dan
menginteprestasikannya.
4. Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia
secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat.
5. Mampu beradaptasi atau mengembangkan diri, baik dalam bidang matematika maupun bidang
lainnya yang relevan (termasuk bidang dalam dunia kerjanya).
Penguasaan
Pengetahuan
(PP)
1. Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar,
analisis, dan geometri, komputasi serta teori peluang dan statistika.
2. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan
metode numerik.
3. Menguasai sejarah pengembangan atau implementasi ilmu matematika dalam berbagai
kebudayaan masyarakat dan memahami potensi etnomatematika dalam mengembangkan
keterampilan intelektual masyarakat dalam pemecahan masalah, penalaran, kreatifitas dan
komunikasi.
4. Menguasai prinsip-prinsip matematika keuangan dan aktuaria, meliputi matematika keuangan dan
asuransi syariah.

#BERITA