Profil Lulusan Program Studi Matematika
Adapun Profil Lulusan PSM yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut.
Dengan profil seperti ini, diharapkan lulusan Program Studi S1 Matematika USK akan mampu bekerja dan berperan sebagai :
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran kurikulum Program Studi S1 Matematika berbasis KKNI level 6 berdasarkan rekomendasi Himpunan Matematika Indonesia (IndoMS) 2014 meliputi Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Penguasaan Pengetahuan. Keempat capaian pembelajaran tersebut diuraikan sebagai berikut.
Parameter Capaian Pembelajaran | Capaian Pembelajaran |
Sikap dan Tata Nilai (S) | 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, beretika, berintegritas dan memiliki kepribadian baik. 2. Berperan aktif sebagai warga negara yang bertanggung jawab, berjiwa nasionalis dan Pancasilais, menjunjung penegakan hukum, dan mampu berinteraksi dalam hubungan global. 3. Memiliki kepekaan sosial dan lingkungan, serta lebih mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau kelompok. 4. Mampu bekerja sama dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan perbedaan pandangan. 5. Memiliki tanggung jawab untuk penyelesaian penugasan yang diberikan. 6. Menginternalisasi jiwa kemandirian dan kewirausahaan. 7. Menginternalisasi jiwa pembelajaran sepanjang hayat dengan menerapkan nilai, norma, dan etika akademik. |
Keterampilan Umum (KU) | 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan, mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara humanis. 2. Mampu bekerja secara mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu melakukan kajian ilmiah dan implikasinya, serta mendiseminasikannya secara lisan dan tulisan. 4. Mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi dan data yang tersedia. 5. Mampu menjalin dan memelihara jaringan kerja sama. 6. Mampu menyupervisi dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan anggota tim yang berada di bawah tanggungjawabnya. 7. Mampu mengolah, mengevaluasi, menginterpretasi data dan informasi melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi. 8. Mampu mengelola dokumen dan mencegah plagiasi. 9. Mampu mengaitkan dan memanfaatkan bidang keilmuan lain dengan bidang ilmu yang dipelajari. |
Keterampilan Khusus (KK) | 1. Mampu mengembangkan pemikiran matematis yang diawali dari pemahaman prosedural /komputasi hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal. 2. Mampu mengamati, mengenali, merumuskan, dan memecahkan masalah melalui pendekatan matematis dengan atau tanpa bantuan piranti lunak. 3. Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganalisa/berpikir secara terstruktur terhadap permasalahan matematis dari suatu sistem/masalah, mengkaji keakuratan dan menginteprestasikannya. 4. Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat. 5. Mampu beradaptasi atau mengembangkan diri, baik dalam bidang matematika maupun bidang lainnya yang relevan (termasuk bidang dalam dunia kerjanya). |
Penguasaan Pengetahuan (PP) | 1. Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, dan geometri, komputasi serta teori peluang dan statistika. 2. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik. 3. Menguasai sejarah pengembangan atau implementasi ilmu matematika dalam berbagai kebudayaan masyarakat dan memahami potensi etnomatematika dalam mengembangkan keterampilan intelektual masyarakat dalam pemecahan masalah, penalaran, kreatifitas dan komunikasi. 4. Menguasai prinsip-prinsip matematika keuangan dan aktuaria, meliputi matematika keuangan dan asuransi syariah. |